Kunjungan Ke Arsip Nasional, semua sudah diatur !!!

>> Thursday, 15 December 2011

Pertama-tama saya ucapkan subhanallah untuk hari ini(selasa, 13 desember 2011). Sebenarnya disini saya hanya ingin berbagi cerita perjalanan hari ini-terutama perjalanan ke ANRI(Arsip Nasional Republik Indonesia). Awalnya, kunjungan ini hanya untuk orang yang ditunjuk komisi pada akademi ASM. Kebetulan perlu pendamping akhirnya saya diikutsertakan dalam kunjungan tersebut sebagai tamu pendamping. Kunjungan tersebut adalah merupakan studi banding dari kampus terhadap dunia kerja. Kebetulan pas banget dengan anak Manajemen Administrasi, kunjungan ini berhubungan dengan salah satu mata kuliah tersebut dan ini juga pengetahuan plus untuk saya.




Pagi jam sekitar jam 8 kami berangkat dari jatiwaringin menuju Ampera-Jakarta Selatan. Ketika ditengah perjalanan, saya terlupa hp yang sedang di charger ditinggal dikampus, padahal niat foto-foto (hiksss..). Ya sudah, berarti bukan rejeki. Akhirnya kami sampai disana sekitar jam 9. Dan kami langsung keruangan yang sudah disediakan.

Humas ANRI membuka acara dan memberikan jadwal untuk hari ini sampai selesai. Acara pertama adalah pemberian materi oleh Ibu Rini Susilawati. S.S, beliau merupakan seorang arsiparis yang biasa memberikan seminar dan pembinaan kepada calon/arsiparis lainnya.  Dengan beliau, banyak pengetahuan yang saya dapat.

dari pengertian arsip sendiri, Kearsipan adalah hal-hal yang berkenaan dengan arsip. Nah, disini mungkin yang sudah belajar tau arti  penting dari arsip. Ternyata, tidak hanya orang bagian sekretaris/administrasi saja yang mengurusi tentang arsip-arsip, tapi kita secara pribadi juga ada baiknya mengarsipkan dokumen-dokumen penting yang kita punya. Disni juga ada beberapa pengertian mengenai arsip dan macam-macamnya:

  1. Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  2. Arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu.
  3. Arsip vital adalah arsip yang keberadaannya merupakan persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui, dan tidak tergantikan apabila rusak atau hilang.
  4. Arsip aktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya tinggi dan/atau terus menerus.
  5. Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun.
  6. Arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan/atau lembaga kearsipan.
  7. Arsip terjaga adalah arsip negara yang berkaitan dengan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara yang harus dijaga keutuhan, keamanan, dan keselamatannya.
  8. Arsip umum adalah arsip yang tidak termasuk dalam kategori arsip terjaga.
Hmm.., dari pengertian diatas kira-kira seperti ini yang ingin saya jabarkan berdasarkan sepengetahuan dari materi Bu Rini.

1. Arsip berbeda dengan buku, arsip merupakan kertas/dokumen bisa juga peta, microfilm, cd/dvd, yang sudah selesai kejadiannya dan akan bisa dijadikan sebagai bahan informasi untuk kepentingan yang akan datang. Ternyata tidak hanya perusahaan/lembaga saja yang memiliki arsip. Kita punya arsip juga lho!!, contohnya ?? KTP, akta lahir, ijazah, sertifikat 
dll.
2. Untuk arsip dinamis, biasanya dipakai dalam jangka waktu 10 tahun.
3. Nah, untuk arsip vital(penting) berarti pemakaiannya sangat dibutuhkan. Misalkan arsip vital untuk pribadic-KTP- coba kalau tidak ada KTP, apakah kita masih diakui sebagai manusia?? hehe.. bcanda- tapi ini serius, untuk usia yang diatas 17tahun wajib memiliki KTP, karena bisa digunakan berbagai kepentingan seperti pemilu, membuat sim dll. Untuk perusahaan, biasanya akta tanah yang menjadi vital. Untuk arsip vital biasanya tidak ada duanya, tapi boleh digandakan dengan cara copy. Dengan begitu, jika ada pemakaian arsip tsb bisa menggunakan copynya sehingga aslinya bisa tetap terjaga.
4. Untuk arsip aktif, berarti sering dipakai\
5. Dilihat dari deskripsinya cukup jelas, karena pemakaiannya menurun dalam jangka waktu sepuluh tahun sehingga menjadi nonaktif dan jarang digunakan lagi.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan yang bisa dijabarkan. Sebenarnya ada banyak lagi materi yang disampaikan, tapi disini yang saya berikan hanya global yaa(silakan belajar lebih mendalam ^_^). Setelah itu, kami ke diorama sejarah perjalanan bangsa, yaitu seperti museum(tapi museum adalah tempat menyimpan benda bersejarah)  tapi ini adalah tempat/arsip menyimpan sejarah perjalanan bangsa berupa teks/dokumen, film, patung, batu prasati dll. Ruangannya ada di sebelah kiri ketika masuk ke gedung utama. >

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa  memiliki beberapa level/ruangan yang berbeda-beda yang masing-masing ruangan mengisahkan perjalanan bangsa indonesia dari awal sampai sekarang(sebelum berkunjung ke dalamnya, ada aturan yang diberikan yaitu kami tidak diperkenankan mengambil foto yang ada didalamnya-lagian hp saya ketinggalan :P so gambar-gambar dibawah ini saya ambil dari websitenya). Diorama ini terbagi menjadi 8 Hall antara lain:

Hall A (Pertama)
Ini merupakan ruangan pertama yang mengisahkan tentang awal perjalanan bangsa Indonesia didukung dengan teknologi tinggi, ada sebuah digital book yang menampilkan buku cerita di layar. Peninggalan-peninggalan seperti batu prasasti berupa replika pun ditampilkan. 

Ada globe besar dilangit-langit


ada replika dari prasasti dan resume dr fungsi tiap hall


Hall B (Kedua)
Di ruangan ini terdapat gambar dinding tentang masa kejayaan kerajaan zaman dahulu dan zaman hindia belanda (VOC). Disini juga terdapat tokoh-tokoh pejuang pada masa itu mulai dari Teuku Imam Bonjol, Pattimura, ... Marta tiahahu(yang meninggal dipembuangan ketika berusia 18 so young when she died). Sebenarnya ada sekitar ratusan pahlawan, tapi untuk yang disahkan oleh SK pemerintah adalah yang dipajang yang lainnya menunggu SK. Ketika kita melihat daftar nama pahlawan yang ada di buku digital, maka akan ditampilkan dilayar sejarah dari pahlawan tsb dari mereka lahir sampai meninggal. Jadi, bangsa ini ada dan merdeka bukan didapat begitu saja, tapi dengan perjuangan yang tak kenal putus asa. Maka tak salah saya membaca tulisan disalah satu dinding bahwa "Merdeka bukan anugerah tapi Mahakarya"
gambar kisah perjuangan bangsa indonesia masa kerajaan

pilih daftar nama, maka sejarah pahlawan tsb akan ditampilkan

Hall C (Ketiga)
Nah, diruangan ini sudah masuk ke zaman berikutnya dimana muncul tokoh-tokoh pemuda. Pendiri HIS, Indisthe Partij, Serika Islam, Tokoh gerakan emansipasi wanita, sampai sumpah pemuda. Sejarah ini ditampilkan berbagai versi, mulai dari poster didinding, gambar patung kecil(dengan menggambarkan yang mewakili suatu peristiwa). 

peristiwa proklamasi

berbagai bangunan dan patung dalam skala kecil

Hall D(Keempat)
Peristiwa selanjutnya merupakan persiapan kemerdekaan, ada patung Ibu Fatmawati sedang menjahit bendera merah putih. Selanjutnya patung bung Karno dan bung Hatta yang sedang membacakan berdiri dan membacakan teks kemerdekaan(didukung dengan suara asli bung Karno yang juga membacakan proklamasi)
Ibu Fatmawati sedang menjahit(benderanya ga bisa dicabut :P)

Bung Karno dan Bung Hatta (Saat Proklamasi)

Hall E(Kelima)                                                                                                               
Masih dalam tahap perjuangan, merdeka bukan berarti tidak ada masalah, justru setelah merdeka bangsa ini diuji dari berbagai pihak baik dari dalam sampai luar negeri. Dengan persatuan yang kokoh lah yang membuat bangsa ini tetap ada dan utuh. Berbagai konflik datang menyerang dengan melakukan berbagai solusi seperti mengadakan konferensi meja bundar, KTT Bandung kemudian dihiasi dengan peristiwa arek-arek suroboyo, irian barat, juga PKI.

gambar dari macam-macam konferensi

Hall F(Keenam)
Diruangan ini ada sebuah tempat yang dirancang khusus, yaitu 'lubang buaya' tempat dimana pembuangan mayat-mayat para pahlawan yang dibunuh oleh aksi G30SPKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia).

Lubang buaya

Polisi NKRI dan burung garuda

Hall G(Ketujuh)
Disini terdapat berbagai macam logo pemerintahan daerah, lagu-lagu daerah, adat istiadat. Juga ada. Diruangan ini juga ada patung yang pernah menjabat presiden sampai dengan SBY, pidato-pidato mereka pun bisa kita dengar melalui headset. Ada deskripsi burung garuda yang menjadi lambang bangsa Indonesia dimana dijelaskan secara detail tiap-tiap bagiannya.

logo-logo pemerintahan daerah

Hall H(Kedelapan)
Ini adalah diorama terakhir(tapi bukan berakhirnya perjalanan bangsa indonesia... ) yang tempatnya mirip seperti bioskop, ada tempat duduk(batu) berwarna putih dan layar bioskop dari dinding. Di ruangan ini akan diputar film kejadian pada masa G30SPKI (jadi teringat dulu waktu sd,  setiap 30 september pasti akan ditayangkan film tentang G30SPKI kemudian dari sekolah pasti akan menanyakan peristiwa tsb). 
ini layar bioskopnya(anak sma lg pd nonton)

bung karno sedang ceramah(dilihat oleh kunjungan anak sma)
 

Dengan belajarnya sejarah melalui visual(film) terasa lebih mudah dalam memahami, tapi sayangnya sepertinya, film-film sejarah seperti itu sudah jarang ditampilkan. Malah tambah berjamurnya film-film yang tidak mendidik(kebanyakan ruginya daripada untungnya). Mana rasa nasionalisme-nya..?? tiba-tiba hati bertanya. Ia juga ya, rasa nasionalisme semakin berkurang saja, padahal perjuangan yang dilakukan para pendahulu kita tidaklah mudah, hingga banyak pahlawan-pahlawan yang harus gugur demi kemerdekaan. Seharusnya kita sebagai anak bangsa meneruskan perjuangan itu dengan belajar sungguh-sungguh demi pembangunan bangsa.. Inilah PR kita sekarang..




** #### **
Selesai keluar dari diorama, kami pun pulang. Semoga ada banyak manfaat yang bisa kami ambil dari perjalanan hari ini. Sampai bertemu kembali ANRI...
gedung utama
renungan untuk hari ini..
**alhamdulillah..tidak ada kejadian didunia ini yang kebetulan, semua sudah diatur. So jalani hidup ini dengan usaha, dan bersiaplah untuk diarahkan maka lihatlah hasilnya .. :)

0 komentar:

Post a Comment

Silakan isi komentar anda..

Kata Mutiara

Kekuatan yang paling dahsyat adalah pikiran * Pikiran yang positif membuat energi disekitar juga menjadi positif, Hal itulah yang akan membuat seseorang bisa mencapai keinginannya atau tidak * Jangan mengukur kebijaksanaan seseorang hanya kerana kepandaiannya berkata-kata tetapi juga dinilai dari pikiran dan tingkah lakunya * Sesungguhnya apa yang kita lihat belum tentu sesuai dengan sudut pandang kita*

**just believe, the dreams come true**

Follow by Email

  © Blogger template Snowy Winter by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP